Minggu, 22 Mei 2016

Clopidogrel, Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Clopidogrel digunakan untuk mengurangi kekentalan darah dan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah di arteri. Penggunaan obat ini bertujuan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke. 

Clopidogrel bekerja dengan mencegah pelekatan keping darah dan penyumbatan yang berbahaya. Clopidogrel adalah obat antiplatelet yang membantu menjaga aliran darah tetap lancar di dalam tubuh.

Clopidogrel berguna untuk mencegah serangan jantung dan stroke pada orang yang baru terkena penyakit jantung, stroke, atau penyakit sirkulasi darah (penyakit peripheral vascular). Contoh orang yang berisiko tinggi adalah penderita gangguan sirkulasi darah, sindrom koroner akut, atau fibrilasi atrium.

Obat ini bisa dikonsumsi sendiri atau dengan aspirin dosis rendah, yang juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah. Meski sangat efektif jika dikonsumsi secara bersamaan, namun memiliki risiko pendarahan lebih tinggi dan biasanya terjadi di usus.

Cara penggunaan Clopidogrel

Baca petunjuk pengobatan yang diberikan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan clopidogrel dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Gunakan obat ini melalui mulut sebelum atau sesudah makan sesuai arahan dokter, biasanya sekali sehari. Minum obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Jika Anda menggunakan obat untuk mencegah penyumbatan setelah penanaman tabung atau prosedur lain, minum obat ini bersama dengan aspirin selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah prosedur (tergantung prosedur/jenis tabung) sesuai arahan dokter. Konsultasikanlah kepada dokter untuk detail lebih lanjut dan tentang risiko berhenti dini. Penting untuk melanjutkan penggunaan obat meskipun Anda merasa sehat. Jangan berhenti minum obat ini tanpa konsultasi dengan dokter.

Hindari makan buah grapefruit atau minum jus grapefruit saat minum obat jika dokter atau apoteker tidak mengatakan Anda boleh melakukannya dengan aman. Jeruk bisa meningkatkan efek samping obat. Tanyakan dokter atau apoteker untuk lebih banyak detail.

Dapatkan pertolongan medis secepatnya jika Anda memiliki tanda bahwa obat tidak bekerja, misalnya gejala serangan jantung atau stroke (seperti sakit pada dada/rahang/lengan kiri) baru, berkeringat secara tidak wajar, lemah di salah satu sisi tubuh, bicara tidak jelas, perubahan penglihatan mendadak, kebingungan).

Dosis


Informasi ini bukan pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dosis Clopidogrel untuk orang dewasa?

Dosis Biasa untuk Stroke Iskemik:

75 mg oral sekali sehari sebelum atau sesudah makan. Terapi aspirin harus dimulai dan dilanjutkan bersama dengan clopidogrel.

Dosis Biasa untuk Myocardial Infarction:

75 mg oral sekali sehari sebelum atau sesudah makan. Terapi aspirin harus dimulai dan dilanjutkan bersama dengan clopidogrel.

Dosis Biasa untuk Sindrom Koroner Akut – Prophylaxis:

75 mg oral sekali sehari sebelum atau sesudah makan. Terapi aspirin harus dimulai dan dilanjutkan bersama dengan clopidogrel.

Dosis Biasa untuk Penyakit Peripheral Arterial:

75 mg oral sekali sehari sebelum atau sesudah makan. Terapi aspirin harus dimulai dan dilanjutkan bersama dengan clopidogrel.

Dosis Clopidogrel untuk anak-anak

Keamanan dan efektivitas obat belum terjamin pada pasien anak-anak (usia kurang dari 18 tahun).

Efek Samping dan Bahaya Clopidogrel

Semua obat berpotensi menyebabkan efek samping, termasuk clopidogrel. Tetapi gejala akibat efek samping umumnya membaik setelah tubuh menyesuaikan diri. Yang terpenting, beri tahu dokter jika Anda bermasalah dengan obat yang dikonsumsi. Beberapa efek samping yang dapat terjadi antara lain:
  • Memar
  • Mimisan
  • Pendarahan di bawah kulit atau lepuh darah
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit perut
  • Konstipasi atau diare
Jika terjadi efek samping yang tergolong serius, seperti demam, memar di bawah kulit atau bintik-bintik merah, merasa linglung, sangat lelah, penyakit kuning, segera temui dokter.

Sumber: alodokter.com

0 komentar

Posting Komentar