Kamis, 21 April 2016

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Permukaan gigi memiliki lapisan kecil yang disebut dengan biofilm dimana terdapat banyak mikroorganisme baik dan jahat. Mikroorganisme tersebut akan bergabung dengan sisa-sisa makanan yang kemudian menimbulkan karang gigi.

Karang gigi jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan akan menyebabkan deposit mineral yang akhirnya dapat mengeras. Plak tersebut nantinya akan menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Sebenarnya karang tersebut terbentuk bukan karena deposit kotoran, namun juga karena terjadinya defisit air liur. Saliva atau air liur adalah elemen penting yang harus ada di dalam rongga mulut.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi 


Cara alami untuk menghilangkan karang gigi lebih disukai oleh banyak orang. Selain tidak membutuhkan banyak biaya, juga memiliki manfaat lain, yakni membuat nafas menjadi segar. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Tomat dan Stroberi

Caranya adalah Anda dapat memilih salah satu dari buah tersebut. Lengkah pertama bersihkan mulut menggunakan air hangat. Kemudian gosokkan tomat ke permukaan gigi, terutama di bagian karang gigi. Diamkan kurang lebih 5 hingga 10 menit agar semua kandungan pada buah tersebut bekerja utuk melembutkan karang gigi. Setelah itu, Anda dapat berkumur menggunakan air hangat kembali yang Anda campur dengan baking soda.

Baking Soda

Cara menggunakannya adalah Anda tuangkan sedikit baking soda di wadah kemudian taburi sedikit garam dan beberapa tetes air. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Langkah selanjutnya Anda dapat berkumur terlebih dahulu menggunakan air biasa kemudian tempelkan pasa baking soda keseluruh permukaan gigi. Setelah itu sikat gigi Anda beberapa menit dan yang terakhir Anda berkumur untuk membersihkan mulut dari baking soda.

Minyak wijen

Caranya cukup mudah, Anda dapat berkumur menggunakan minyak wijen secara rutin. Anda lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Metode ini mampu menurunkan jumlah bakteri yang menyebabkan timbulnya plak.

Biji Asam Kawak

Cara membersihkannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyangrai biji asam kawak kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukkan tersebut kemudian Anda gunakan untuk mengoleskan karang gigi. Agar lebih mudah Anda dapat menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat dan sikat hingga bersih. Langkah terakhir adalah berkumur dengan air bersih.

Getah Buah Sukun

Cara menggunakannya adalah degan mengoleskan getah buah sukun ke bagian karang gigi secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat agar getah tersebut bekerja, kemudian berkumur menggunakan air bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami agar gigi menjadi putih dan bersih yang Anda dapat lakukan sendiri di rumah.

1 komentar:

  1. lebih sehat menggunakan cara alami untuk menghilangkan karang gigi

    BalasHapus