Selasa, 12 April 2016

Penyebab dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Gagal ginjal terminal terjadi bila fungsi ginjal sudah sangat buruk dan penderita mengalami gangguan metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Ginjal yang sakit tidak bisa menahan protein darah (albumin) yang seharusnya dilepaskan ke urine. Awalnya terdapat dalam jumlah sedikit (mikro-albuminuria).

Gagal ginjal merupakan penyakit yang berbahaya, karena jika terjadi maka bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam nya dan akan menyebabkan kematian jika banyak racun yang menumpuk akibat gagal ginjal. Karena gagal ginjal merupakan keadaan ginjal yang tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga jika fungsi ginjal terganggu, maka ginjaj tidak dapat menyaring darah dengan baik dari racun yang ada di dalam tubuh. Walaupun ginjal ada dua, namun satu ginjal akan terbebani untuk menyaring racun dari seluruh tubuh sehingga bisa menyebabkan kedua ginjal mengalami gagal ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal


Fungsi ginjal yang tidak dapat bekerja dengan baik akan berbahaya, dan ada beberapa penyebab gagal ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal tidak dapat di gunakan dengan baik. oleh sebab itu berikut beberap hal yang menjadi penyebab gagal ginjal :

Penyakit darah tinggi
Akibat dari tekanan darah tinggi maka seluruh kesehatan tubuh akan terganggu dan akibat nya akan menyebabkan berbagai penyakit komplikasi. Penyebab gagal ginjal pun bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi atau pun akibat penyakit darah tinggi, oleh sebab itu jika memiliki tekanan darah tinggi yang tidak normal sebaik nya diatasi dengan baik agar tidak akan semakin serius dan menjadi penyebab gagal ginjal.

Penyakit Diabetes
Selain dari tekanan darah tinggi, kadar gula darah yang tidak normal pun bisa mengakibatkan berbagai penyakit. karena penurunan fungsi ginjal pun bisa dialami jika kadar gula darah terlalu tinggi. oleh sebab itu penyakit kencing manis bisa menjadi penyebab gagal ginjal.

Batu ginjal
Batu ginjal yang di sebabkan oleh adanya pengrtistalan pada zat purin dan zat lainnya di dalam ginjal bisa menjadi penyebab gagal ginjal jika penyakit batu ginjal sering terjadi dan juga tidak mengeluarkannya dengan baik. oleh sebab itu jika memiliki batu ginjal sebaiknya segera di keluarkan agar tidak menjadi penyebab gagal ginjal.

Infeksi ginjal
Infeksi ginjal bisa terjadi akibat batu ginjal yang terlalu besar maka bisa menggores dinding ginjal dan akibat nya akan menyebabkan infeksi ginjal dan infeksi ginjal juga bisa semakin parah, sehingga penurunan fungsi ginjal pun bisa terjadi dan juga menjadi penyebab gagal ginjal.

Minuman tidak sehat
Penyebab gagal ginjal juga bisa dari minuman, minuman berenergi, minuman berwarna, minuman beralkohol dan minuman bersoda bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal. Karena penyebab gagal ginjal bisa terjadi jika penurunan fungsi ginjal terjadi akibat kandungan minuman yang tidak sehat.

Gejala Gagal Ginjal


Penyakit gagal ginjal akan menyebabkan gejala yang akan dialami, karena fungsi ginjal yang begitu penting sehingga gejala gagal ginjal akan begitu langsung terasa dan dialami akibat dari ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, oleh sebab itu berikut beberapa gejala gagal ginjal yang akan dialami oleh penderita nya:

Kencing berdarah
Kencing berdarah merupakan salah satu gejala yang akan dialami pada gagal ginjal.oleh sebab itu jika terjadi kencing yang bercampur darah bisa menjadi gejala penyakit ginjal seperti gagal ginjal atau pun batu ginjal.

Sesak nafas
Jika penyebab gagal ginjak di sebabkan oleh tekanan darah tinggi maka gejala gagal ginjal bisa menyebabkan sesak nafas dan akibat nya akan menyebabkan sering mengalami nya sesak nafas.

Pembengkakan
Kaki dan juga tangan bisa mengalami pembengkakan karena banyak cairan yang tidak terbuang dan akibat cairan mengakibatkan pembengkakan pada bagain tubuh. 

Penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang cukup berbahya, sehingga sebaiknya mencegahnya..

0 komentar

Posting Komentar